Powered By Blogger

Selasa, 28 Desember 2010

PENGERTIAN STRATEGI

     Strategi menurut James Brian Quinn (1980) merupakan pola atau rencana yang mengintegrasikan tujuan tujuan utama, kebijakan kebijakan, urutan urutan aksi ke dalam keseluruhan yang saling terkait.
     Beberapa formula strategi:
  • Menetapkan arah strategi, yaitu menentukan arah strategi organisasi (strategic direction) meliputi visi, misi    dan nilai nilai yang dikembangkan dalam organisasi.
  • Identifikasi lingkungan dan analisis SWOT. Yaitu perencanaan perlu mengidentifikasikan faktor faktor lingkungan bisnis yang relevan dengan kondisi perusahaan saat ini dan melakukan analisis tentang kekuatan, kelemahan, peluang dan tantangan dalam lingkungan bisnis (analisis SWOT)
  • Merumuskan tujuan strategi, yaitu dengan mengetahui secara jelas arah strategi organisasi, pada fase ini rumusan visi, misi dan tujuan itu diterjemahkan ke dalam tujuan tujuan strategi yaitu tujuan yang dirumuskan pada tingkat korporat atau pada level puncak dalam hierarki managerial.
  • Mengembangkan alternatif strategi, yaitu alternatif alternatif strategi harus dikembangkan untuk kemudian dipilih alternatif yang paling mungkin berhasil mencapai tujuan strategi yang ditetapkan.
  • Memilih strategi, yaitu strategi bisnis yang dirancang masih dalam tatanan konseptual yang dirumuskan oleh manager puncak melalui proses pengambilan keputusan yang rasional. 
Strategi yang tepat tidak mudah ditentukan karena masih harus diuji dalam implementasinya. Jika dalam implementasinya terdapat keadaan keadaan yang tidak terduga sehingga strategi yang diterapkan menjadi kurang efektif dalam pencapaiannya maka strategi harus direvisi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar